Digital Marketing

Mungkin Anda pernah melihat iklan penjualan produk melalui website dan social media suatu produk ataupun toko. Belakangan ini semua hal tersebut tentu saja sering Anda lihat. Hal-hal demikian disebut dengan istilah digital marketing. Konsep dan Penerapan digital marketing adalah hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand. Seiring dengan kemajuan teknologi, tren di dunia bisnis juga semakin bervariasi. Salah satunya adalah tren digital marketing tidak menutup kemungkinan di era pandemi covid-19 semakin mengakselarasi untuk digital marketing ini 
          Foto oleh  Burak K dari Pexels
di era pandemi menunjukan bahwa digital entreprenuership atau digital marketing sangat penting dan anda harus segera memulainya, suatu contoh yang membuktikan bahwa digital marketing penting saat ini adalah menurut data hootsuite pada tahun 2019, menunjukan bahwa populasi jumlah penduduk di indonesia adalah 268.2 juta orang dan hampir 80% masyarakat indonesia menggunakan gawai atau smartphone untuk kebutuhan sehari-hari, itu mengapa digital marketing sangat bagus digunakan.

Mengapa harus menggunakan digital marketing? Ada beberapa alasan anda harus mulai menggunakan digital marketing untuk penjualan produk anda adalah untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen. Konsumen akan merasa dihargai bila dilayani dengan baik dan cepat pada Toko yang anda kelola. Begitu juga jika toko yang anda kelola mengeluarkan produk baru, bisa melakukan promosi secara langsung kepada konsumen. Terlepas pada promosi yang anda buat tersebut dibangun melalui, email, platform media sosial hingga melalui nomor telepon yang digunakan konsumen tersebut. Alasan kedua adalah Digital marketing juga mampu melacak perilaku konsumen, dari sinilah Anda bisa melihat apa yang sedang trending dan paling dibutuhkan oleh konsumen. Untuk melacak bagaimana perilaku konsumen tersebut, sebagai contoh saat pandemi covid-19 konsumen atau para pembeli sangat membutuhkan masker untuk keluar rumah, maka anda dapat meluncurkan sebuat produk seperti masker, hand sainitizer dan beberapa produk yang dibutuhkan saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Alasan terakhir adalah Memperluas jangkauan pasar dan pada akhirnya menyasar calon konsumen baru. Apabila konsumen ini tertarik dengan produk yang ditawarkan, maka akan laku keras dan akan menambah pendapatan bagi perusahaan. Strategi marketing cara lama atau konvensional bisa saja menjangkau pangsa pasar tertentu. Akan lebih baik lagi bila Anda menggunakan digital marketing, baik itu melalui website perusahaan, media sosial hingga melalui email marketing. Jangkauannya pun sangat luas. Anda tidak hanya menjangkau di daerah-daerah sekitar atau dalam negeri saja, bahkan dapat memperluas pangsa pasar di seluruh dunia. Namun perlu diingat, dalam memperluas pangsa pasar melalui digital marketing sebaiknya Anda perlu membuat konten menarik dan tidak membosankan calon konsumen.

Ada beberapa strategi agar penjualan kita mampu berdaya saing dengan produk nasional maupun internasional, yaitu : 
1. Situation analysis (where are we now?)
Disaat membuka peluang usaha kita harus mengenali lingkungan disekitar apakah akan cocok untuk kita membuka usaha tersebut atau tidak, penjualan atau harga juga harus kita analisis apakah akan cocok untuk di daerah tersebut atau tidak, jangan lupa kita harus melihat berbagai aspek kebutuhan bahan baku dan speak, kita juga harus membuat suatu promo berbeda-beda disetiap daerah. 
2. Objektives ( where do want to be?)
Tujuan adalah hal lain agar kita mampu berdaya saing, setelah melihat atau mengenali lingkungan disekitar kita juga harus memikirkan tujuan, kenapa kita memilih produk ini untuk dipasarkan, kita juga harus memikirkan promosi yang akan dilakukan seperti apa, aspek kebutuhan bahan baku yang bagaimana dan lain sebagainya 
3. Strategi (how do we get there?)
Kita mulai menyusun target pembelian, maksudnya adalah saat produk kita dipasarkan kita harus memikirkan target pembelian, siapa yang akan membeli produk kita dan lain sebagainya dan kita juga harus membuat target penjualan, target penjualan dalam sehari, sebulan bahkan setahun agar kita dapat dengan mudah mengihutung berapa besar kita mendapatkan keuntungan dan juga dapat melihat seberapa besar kita dapat memasarkan produk tersebut. Agar kita dapat melihat keunggulan produk tersebut dibanding produk lain. Kita juga harus memikirkan strategi pemasaran untuk produk tersebut, disaat anda memiliki toko offline anda memberi pelayanan di toko yang baik dan jika anda memiliki toko online anda juga harus memberi pelayanan yang memuaskan pada pelanggan dan beberapa hadiah untuk beberapa pelanggan agar pelanggan dapat memberikan nilai plus dan merasa puas kepada toko anda dan kepada pelayanan yang diberikan.
4. Tactics (How exactly do we get there?)
Tactic disini juga bisa diartikan sebagai cara agar pelanggan anda tetap setia kepada toko anda dan juga dapat menambah pelanggan baru datang kepada anda, sebagai contoh anda dapat melakukan give away dalam event-event tertentu agar pelanggan merasa tertarik mengikutinya dan toko atau produk yang anda pasarkan dapat dijangkau secara luas.
5. Action (the details of tactic)
Action adalah melakukan penjualan dan saat berada di toko online anda juga dapat melakukan beberapa hastag untuk produk-produk anda.
6. Control (how do we monitor performence?)
Setelah semua dilakukan anda dapat melihat atau mengkontrol seberapa meningkat penjualan produk anda dan berapa banyak orang yang melihat produk-produk atau toko yang anda punya, saat strategi ini berjalan baik anda juga dapat memikirkan langkah kedepan untuk produk atau toko anda agar lebih dikenal luas oleh khalayak ramai. Tetapi saat produk anda dibawah apa yang anda targetkan anda harus memikirkan ini dari awal kembali dan mencoba berbagai trend terbaru.

Ada juga manfaat yang ditimbulkan saat kita membuka bisnis dengan menggunakan sistem digital marketing, yang pertama adalah dengan menggunakan digital marketing kita dapat menjangkau pasaran yang lebih luas kita juga bisa menarik pelanggan dari berbagai negara bahkan berbagai benua. Kita juga dapat mengetahui perkembangan apa yang terjadi di dunia dan mencoba membuat beberapa produk untuk dipasarkan di indonesia seperti halnya sushi yang terkenal di negara jepang kita bisa mencoba memasarkannya di indonesia dengan melihat karakteristik orang indonesia yang tidak biasa memakan makanan mentah, maka kita bisa membuat berbagai macam inovasi agar sushi dapat disukai dikalangan masyarakat indonesia maupun dunia, atau dengan menggunakan makanan khas indonesia agar bisa dikenal dan disukai oleh berbagai masyarakat di dunia. 

Setelah membaca artikel ini dari awal maka anda bisa memulai membuka usaha, kini saatnya Anda mengubah cara pemasaran bisnis yang dapat menjangkau dan melibatkan target pasar Anda. Digital marketing adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan Anda di mana mereka berada pada saat-saat ketika mereka paling mungkin mencari merek seperti milik Anda. Mulai dengan memikirkan langkah kecil seperti apa yang mau anda jual dan mulai melihat strategi agar produk-produk anda atau toko yang anda kelola mampu berdaya saing di indonesia maupun internasional

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sehat dan Bugar Ditengah Pandemi Covid-19

Tips Liburan Aman dan Sehat Dimasa Pandemi

Pantangan Orang Berpenyakit Asam Lambung